Share This Blog

Sunday, October 18, 2015

Menggambar Maleficent

Halo, hari ini aku mau menceritakan gambar terbaru aku. Yah, gak baru-baru banget sih, sekitar seminggu yang lalu dan aku belum gambar lagi. Model kali ini adalah Maleficent (yang diperankan Angelina Jolie) :D
Sketsanya
Gambar diatas itu sketsanya. Aku free-hand tanpa kotak bantu, tapi aku pake referensi biar mirip sama yang aslinya. Kalau nge-sketsa aku saranin pake pensil HB, soalnya goresannya tipis. Kalau kalian gak punya pensil HB, bisa pake pensil biasa atau 2B tapi goresnya tipis-tipis ya. Lalu aku saranin kalau udah selesai ngesketsa, sketsanya harus rapih dan bersih biar pas warnainnya juga enak. Maksud aku, jangan banyak coretannya gitu :v

Kalau kalian udah puas sama hasil sketsanya, langsung aja ke tahap pewarnaan. Saran aku biar gambarnya lebih berwarna, kalau beli pensil warna, beli yang set 36 keatas karena varian warnanya lebih banyak. Kalau sekarang,  aku pake pensil warnanya Moses yang Greebel Classic set 36 karena pensil warna aku abis :v

Untuk pemula, sebaiknya pake pensil warna yang biasa aja. Kayak Faber-Castell atau Greebel. Kalau kita udah jago, baru deh pake pensil warna yang mahal kayak Prisma pencilcolour. Oh ya, kalau menurut aku, lebih enak pake pensil warna yang klasik soalnya lebih menyatu warnanya. Kalau watercolourpencils hasilnya lebih bagus kalau dikasih air (namanya juga watercolour). Aku suka tambahin krayon kalau pake watercolour (biasanya kalau gak diair-in), soalnya warnanya jadi lebih soft dan menyatu.

proses..
Kalian lihat kan topinya (aku gak tau sebutannya apa :v)? Aku warnain bagian tersebut pake warna biru muda sebagai dasar, biru sedang, biru tua, dan hitam. Harusnya, sih, topinya itu warna hitam. Tapi karena warnanya hitam itu cuma satu, dan kesannya agak monoton (menurut aku), jadi aku ubah jadi warna biru tua. Aku pake warna biru muda dan hitam itu sebagai gelap terang, biar kelihatan lebih hidup dan menarik.

Untuk bibir, aku pake warna merah muda, merah keoranye-oranyean, dan merah menyala. Buat dasar, aku kan pake merah muda, nah goresnya tipis-tipis. Abis itu ditimpa sama warna merah keoranye-oranyean (agak diteken, tapi jangan teken banget). Baru deh ditimpalin warna merah menyala. Oh, ya jangan lupa bikin kesan hidup ya (maksudnya ada yg tua muda, terus ada efek mengkilap gitu).

Buat kulitnya aku pake warna krem. Tapi khusus buat model satu ini, goresan kremnya tipis lalu ditimpalin warna putih.  Aku juga pake warna abu-abu di wajah buat kesan tirus dan lebih hidup (di beberapa bagian, abu-abunya aku tebelin buat kesan gelap terang).

Ini hasil akhirnya
Kalau kalian mau gambarnya jadi bagus, kalian harus gambar pake feeling atau perasaan dan banyak latihan. Gambar aku yang ini juga belum terlalu bagus, dan masih standar aja. Tapi buat mencapai tahap ini aku butuh banyak latihan. Kalau kalian ada kemauan dan usaha, kalian pasti bisa jago gambar juga. Soalnya juga, setiap seniman atau pelukis punya cara tersendiri dalam menggambar. Makanya kalau kita nanya temen kita yang jago gambar, "cara gambar kayak gitu gimana?", dia pasti bingung ngejelasin :v Aku juga bingung kalau ada temen yang nanya hahaha :v

Yah, mungkin sampai di sini ya ceritanya. Sampai jumpa di postingan berikutnya!


3 comments:

Rahmi Aziza said...

Kaka Asyah kereen banget gambarnya. Jadi kuncinya gambar dengan perasaan dan banyakin latihan ya.. Hmm baiklah...

Ila Rizky said...

kaka Asyah cakep gambarnya, udah mirip sama aslinya hehe

Asyah Day said...

Makasih ^^