Share This Blog

Saturday, May 10, 2014

Coretan Komputer Lainnya


Donut

Sebenarnya aku udah lama banget bisa bikin donut, cara-caranya diajarin Nenek Cipanas liburan yang lalu. Waktu pertama kali bikin, isinya bantet terus keras. Tapi sekarang sudah empuk dan matang (tapi kalau adonannya salah suka bantet). Seperti hari ini, aku bikin donat. Bahagianya karena donatnya empuk dan matang, yah walaupun gak manis karena gula abis :D

Cara membuat donat ala Asyah:

Bahan-bahan:
300 gram  tepung terigu (kalau aku biasa hitung dengan gelas kecil 3 kali)
1 sdt garam
4 sdm gula
150 ml susu hangat (kalau aku pakai susu cair kemasan kecil rasa plain atau vanilla)
1 butir telur
1/2 bungkus ragi instan 11 gram
2 sdm mentega
1 sdm minyak
Sebuah baskom
Loyang

Langkah-langkah:
1). Pertama-tama siapkan bahan-bahannya. Lalu masukkan terigu, garam, gula, dan ragi dalam baskom dan aduk rata.

Tepung terigu yang sudah dicampur dengan garam, gula, dan ragi.
2). Setelah rata, pecahkan telur lalu aduk bersama tepung terigu yang sudah tercampur dengan garam, gula, dan ragi. Masukkan mentega, dan tuangkan susu dengan perlahan sambil diaduk dengan tangan sampai kalis.

Adonan yang sudah kalis
3). Jika adonan sudah kalis, diamkan ditempat tertutup (dibawah lap basah) sampai mengembang (sekitar 40 menit).
4). Kalau sudah mengembang, siapkan loyang yang sudah dilumuri minyak (jangan banyak-banyak). Setelah itu bagi menjadi beberapa bagian, buat menjadi bentuk donat. Diamkan lagi selama 10 menit.
5). Setelah 10 menit, goreng adonan donat dalam minyak panas dan api kecil. Jadi, deh!

Ini donat buatanku
Oh, ya, kalau kalian mau pake topping atau hiasan, bisa lho :) Kalau hari ini aku pakai krim coklat buat diatas donatnya, sayang agak cair :(

Tokoh 'Serial Kelas 71' (bagian 3)

Perkenalkan, Achun'Neh' :D

Bernama asli Asun Chapchay (baca: Shiapshay). Dia temannya Suneh, Camle, dan Keke Nilla. Achun'Neh' juga sangat populer, lho karena dia pintar dan keren. Tapi, sst... sebenarnya gak ada yang tahu kalau Achun'Neh' itu juga aneh dan cengeng :D




Tokoh 'Serial Kelas 71' (bagian 2)

Ini Camylia Anderson, yang biasa dipanggil Camle oleh teman-teman. Camle itu berdarah Eropa-Indonesia, dan enggak sekelas sama Suneh, Achun'neh', dan Keke Nilla tepatnya dari kelas sebelah.


Tokoh 'Serial Kelas 71' yang baru

Namanya Ester Estella Castella Vanilla Escesen dipanggil Keke Nilla. Keke itu singkatan dari Ketua Kelas, karena dia emang ketua kelas :D

Hm, karena Keke Nilla tokoh baru (tokoh lama: Suneh, Achun, dan Camle. Tapi Achun dan Camle belum kugambar, hehe) jadi mungkin baru muncul di serial selanjutnya :)


Friday, May 9, 2014

Ketika Libur...

Kemarin dari tanggal 5 sampai 8 Mei, kakak kelas 9 UN maka kelas 7 dan 8 pun libur. Menurut aku kalau libur itu ada enak dan gak enaknya. Enak karena, ya, libur. Gak enak, ya, karena gak tahu mau ngapain karena terus-terusan ada dirumah. Yang enak itu Papi, ada kerjaan ke luar pulau, yaitu ke Bali dan dekat dengan Pantai Kuta T_T

Hm, jadi seminggu ini aku ngapain ya? Hari Sabtu aku nonton drama Korea marathon 'Reply 1994', hari Minggu entah ngapain, hari Senin jagain Maira, hari Selasa jagain Maira (lagi), hari Rabu jagain Maira (lagi dan lagi), hari Kamis nonton TV (Maira dibawa Mama ke sekolah Moses karena ada rapat orangtua murid), hari Jumat aku masuk sekolah lagi. Kejepit banget, ya? Apalagi sekolahku hari Sabtu dan Minggu libur, mending diliburin aja, ya... tapi mau ngapain?

Sebenarnya ketika hari libur, kerjaan aku sama aja. Bangun jam 6-an, lalu Mama pergi nganterin Moses sekolah dan aku jagain Maira (sambil nonton), nanti jam 8-an Mama pulang lalu pergi lagi jemput Moses(aku jagain Maira lagi sambil nonton), Mama dan Moses pulang aku nulis cerita untuk novelku sampai capek baru selesai, terus tidur siang, bangun-bangun mandi terus lanjutin nulis lagi (hari libur kemarin, pulsa internetnya habis jadi Mama gak pakai laptopnya), selesainya malam sekitar jam 9-an, terus ngapain dulu baru tidur :)

Tapi, walaupun kerjaannya sama tetap ada bedanya. Misalnya hari Selasa dan Rabu, aku bikin donat. Lalu hari Kamis, papi pulang dan aku gak buka laptop, dan lain-lain :)

Hari ini aku masuk lagi, dan kelasku...kotor sekali! Bau bagkai gara-gara bahan praktek Bahasa Inggris-nya busuk! Tapi mau gimana lagi? 'Kan ditinggal seminggu, terus gak boleh dibawa pulang... :D

Tokoh 'Serial Kelas 71' (bagian 1)

Karena bingung mau cerita apa, aku posting gambar yang kugamba kemarin aja yaa :)

Sekilas info tentang Suneh:
Suneh adalah salah satu nama karakter dalam komik 'Serial Kelas 71' yang kubuat dimading kelasku. Suneh yang bernama lengkap Sune Wolehha, adalah seorang gadis (beneran lho) yang cuek, jutek, jarang ngomong, gak mudah percaya, dan aneh. Suneh berteman dekat dengan Achun'neh' dan Camle, salah satu karakter (aneh pula) di 'Serial Kelas 71'.

Karena belum sempat kufoto atau nge-scan komik 'Serial Kelas 71', aku tidak bisa mem-postnya di blog untuk sekarang. Hm, mungkin lain kali yah... :-)